Bupati Inhil Buka Bimbingan Manasik Haji Tahun 2019 

KILASRIAU.com - Kementrian Agama (Kemenag) Kabukapaten Indragiri Hilir Melaksanakan Manasik Haji yang dirsemikan langsung oleh Bupati Inhil, HM. Wardan di Masjid Agung Al-Huda Tembilahan, Selasa, (25/6/2019).

Pelaksanaan manasik haji bagi calon jamah 20 se-Kecamatan diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 25 hingga 26 Juni 2019.

Tujuan utama manasik haji sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji, karena setelah melaksanakan manasik haji, para calon jamaah haji akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya. Para calon jamaah haji juga mempelajari budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi.

"Merupakan rangkaian dari pada kegiatan manasik yang sudah dilaksanakan. Kegiatan manasik haji hari ini merupakan gabungan dari 7 titik atau donasi keberangkatan calon jamah haji," kata ketua pelaksana manasik haji  Kabupaten Inhil H. Harun S. Ag, M.Pd, Selasa (25/06/2019). 

Adapun jumlah calon jamah yang mengikuti manasik haji dari 20 kecamatan di Kabupaten Inhil sebanyak 564 jamah. Jika Melihat dari jumlah jema'ah, tahun 2019 ini sepertinya didominasi oleh wanita yang terdiri 303 jamah sedangkan dari Pria berjumlah 261 orang. 

Katanya lagi, jika melihat profil  berdasarkan pendidikan para calon jamah haji adalah SD 299 orang, SLTP 65 orang, SLTA 93 orang, D2 24 orang, S1 75 orang dan S2 8 orang.

"Parah pelatih maupun pemateri tentu sudah memahami dan mempertimbankan dalam memberikan suatu materi maupun kebijakan yang ada di kabupaten inhil kepada calon jamah haji," tutupnya. 

Sementara itu, Bupati Inhil dalam pidatonya saat meresmikan acara manasik haji memberikan pesan kepada seluruh calon jamah haji yang hadir.  "Kepada seluruh calon jamah haji ikutilah dengan seksama dan tertib agar para jama'ah bisa membawa predikat haji yang mabrur. Kemudian yang paling penting jaga selalu kesehatan dan makan-makanan yang bergizi," imbuh Bupati Kelapa ini.






Tulis Komentar